Dong yi / jewel in the crown/ drama korea synopsis drama

  
Choi Dong yi adalah seorang perempuan dari golongan kasta rendahan dalam struktur masyarakat Joseon (Korea) pada masa itu.Ayahnya adl seorang ahli forensik yang dibunuh karena dituduh menjadi ketua organisasi terlarang.Karena sebuah konspirasi politik,maka ayah dan kakak Dong yi meninggal dan dia menjadi gadis sebatang kara yang menghadapi kerasnya hidup.Namun seorang gisaeng(wanita yg bekerja di rumah hiburan)bernama Seol Hee yg merupakan teman alm.kakak Dong yi telah menyelamatkan dan memeliharanya sampai suatu saat di masukan ke dalam istana untuk menjadi pelayan di biro musik istana.

Singkat cerita,tanpa sengaja Dong yi bertemu dengan Raja Sukjong yg sedang menyamar melakukan inspeksi,yang saat itu Dong yi sedang menyelidiki sebuah kasus konspirasi yang dicurigai untuk menyingkirkan calon selir Jang Hee Bin/ Jang Ok Jung.Atas kecerdasan Dong yi,Jang Hee Bin pun dapat terlepas dari masalah,dan saat dia menjadi selir,Dong yi direkomendasikan untuk memasuki biro penyelidik istana.
Sayangnya hubungan Dong yi dan Jang Hee Bin tidak berjalan mulus,ambisi Jang Hee Bin untuk menjadi permaisuri dan berusaha dengan segala cara untuk menyingkirkan Ratu Inhyeon.Ketamakan Jang Hee Bin dan keluarganya di motori oleh sebuah fraksi di istana dan Jang Hae Jee kakak Jang Hee Bin.Diawali dengan berbagai hal dan konspirasi politik di dalam istana,menyebabkan Dong yi menjadi pihak yang berseberangan dengan Jang Hee Bin.
Ratu Inhyeon sangat menyayangi Dong yi,bahkan kelak dia lah yg mengusulkan agar Dong yi menikah dengan Raja Sukjong,dan memintanya untuk menjadi permaisuri pengganti dirinya disaat menjelang meninggalnya sang Ratu.
Kemarahan Jang Hee Bin semakin memuncak disaat dia sadar bahwa sang Raja sudah tidak mencintainya lagi,dan ternyata Raja Sukjong berpindah hati kepada Dong yi.Segala cara dilakukan pula oleh Jang Hee Bin untuk menyingkirkan Dong yi.

Konspirasi dan intrik politik dan fitnah pun terjadi,hingga menimbulkan begitu banyak korban.Untung Dong yi mempunyai pelindung yang sangat loyal.Mereka adalah Seo Yong Gi (pejabat kepolisian),Cha Ceon Soo (kakak angkat Dong yi), Sim Moen Taek (bangsawan/sarjana cerdas yg di asingkan) Ratu Inhyeon,dan tentunya sang Raja yang selalu mendukungnya secara diam-diam.
Karena berbagai konspirasi politik,Dong yi pun sempat mengalami masa-masa sulit di pengasingan setelah meninggalnya anak pertamanya.Selama 6 tahun di pengasingan tersebut dia juga melahirkan putra keduanya Kyeong Jong yg kelak bakal menjadi Raja termahsyur sepanjang sejarah dan bergelar Raja Jeongjo.

Setelah hampir sepuluh tahun,akhirnya kejahatan dan kelicikan serta berbagai konspirasi politik Jang Hee Bin pun terbongkar,dan dia harus menerima hukuman dengan meminum racun dan pengasingan untuk seluruh keluarganya selamanya di sebuah pulau terpencil.
Dong yi menjadi selir tingkat satu dan bergelar Choi Sukbin,walaupun dia tetap menolak untuk diangkat menjadi Ratu dikarenakan berbagai alasan.
Akhir cerita Dong yi pun dapat melalui kebahagian bersama Raja Sukjong,walaupun kata hatinya lebih nyaman tinggal di luar istana agar bisa meneruskan cita-cita ayahnya yaitu membantu rakyat kecil dengan tanganya sendiri.Dan tetap dia adalah ibu seorang Raja setelah putranya mengambil alih tahta menggantikan kakak tirinya yang meninggal pada usia muda.

Kisah ini dapat menginspirasi tentang sebuah kegigihan,kejujuran,kecerdasan dan sebuah kebesaran hati.
Bagi anda yang tertarik nonton aja di sebuah televisi swasta kita,sudah mulai diputar dari bulan mei 2011 kok,tiap jam 12.00 siang,,,,, caayyoooo cekidot aja hehehehehehhheee,,,,,







Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKEP/43/III/2007 Tentang Penanganan Liquid Aerosol Gel dalam Penerbangan

Tips memilih ipad/iphone berdasar kapasitas memori

7 Puncak tertinggi Dunia